Fitur Utama Aplikasi Kolaborasi Tim yang Wajib Ada untuk Kesuksesan Bisnis

Daftar Isi
Fitur Utama Aplikasi Kolaborasi Tim yang Wajib Ada untuk Kesuksesan Bisnis

Kolaborasi dapat meningkatkan kesuksesan. Pernyataan ini bukan sebatas spekulasi. Sebuah penelitian di Stanford menemukan bahwa persepsi bekerja secara kolektif dalam suatu tugas dapat meningkatkan kinerja.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa  mereka yang bekerja secara kolaboratif dapat bertahan 64% lebih lama dalam mengerjakan tugasnya dibanding karyawan yang hanya melakukan tugas sendirian.

Selain itu, kerja sama tim terbukti dapat meningkatkan produktivitas kerja, mengurangi kelelahan serta memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

Tentunya dengan memanfaatkan software teknologi seperti aplikasi kolaborasi dapat membuat kerja sama tim menjadi lebih mudah dan efisien.

Nah, sekarang sudah banyak lho aplikasi yang dapat mendukung kerjasama antar karyawan, namun tidak semua memiliki fitur lengkap.

So, baca ulasan Catcil kali ini sampai selesai ya untuk tahu apa saja fitur utama aplikasi kolaborasi tim yang wajib ada untuk kesuksesan bisnis.

Fitur Utama Aplikasi Kolaborasi Tim yang Wajib Ada

Fitur utama aplikasi kolaborasi produk Astakona

Sebelum memutuskan menggunakan business tools berupa aplikasi kolaborasi tim untuk mencapai kesuksesan bisnis, kamu wajib periksa dulu fitur-fitur yang tersedia.

Aplikasi kolaborasi tim merupakan software teknologi yang memungkinkan pengguna dapat berkirim pesan dan berbagi file secara real-time, melakukan rapat virtual, mengatur tugas tim dengan mudah serta dapat terintegrasi dengan aplikasi lain.

Setidaknya ada lima fitur utama yang wajib ada pada aplikasi kolaborasi tim. Apa saja fitur tersebut? Yuk, langsung saja kita ulas!

Fitur Messaging

Fitur pertama yang harus ada pada sebuah aplikasi kolaborasi adalah messaging. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat berkomunikasi satu sama lain secara langsung dan real time sekalipun berjauhan.

Melalui fitur ini pengguna dapat mengirim pesan teks, suara maupun file dokumen dengan cepat dan mudah. Pengguna juga dapat membuat obrolan pribadi, grup serta saluran untuk topik tertentu.

Keberadaan fitur messaging ini tentunya membuat kerja sama tim jadi lebih lancar, karena tidak ada hambatan dalam komunikasi sehingga proses alur kerjanya pun cepat.

Fitur Video Conference

Fitur Video Conference Produk Astakona

Berikutnya ada fitur Video Conference yang juga wajib terdapat pada sebuah alat kolaborasi online. Dengan adanya fitur ini, jarak dan waktu bukan lagi hambatan. Rapat dengan anggota tim dapat dilakukan walau berada di tempat yang berbeda.

Fitur Video Conference memungkinkan pengguna untuk melakukan rapat virtual dengan bertatap muka dan mendengar satu sama lain secara real time, seolah berada di ruangan yang sama.

Fitur ini juga biasa sudah dilengkapi dengan alat kolaborasi lainnya seperti berbagi layar, chat maupun catatan. Dengan demikian tim dapat berdiskusi, mempresentasikan ide dan berbagai informasi lainnya terkait bisnis secara efektif.

Fitur Dokumen

Fitur Dokumen Business Tool

Selanjutnya, fitur yang tidak kalah penting dan wajib ada pada software kolaborasi adalah dokumen. Fitur dokumen dalam aplikasi ini memungkinkan pengguna dapat mengakses file docx secara bersamaan.

Mulai dari menulis bersama, mengedit dokumen, meninggalkan komentar hingga melacak perubahan yang dibuat oleh anggota tim lainnya. 

Fitur ini sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas kerja yang membutuhkan banyak orang untuk berkolaborasi dan berkontribusi.

Dalam fitur ini, pengguna dapat membuat daftar tugas, mengatur laporan dan membuat rencana proyek dengan mudah. Semua perubahan dalam dokumen ini akan langsung disinkronkan secara real time, sehingga semua perubahan dapat dipantau secara langsung oleh anggota tim.

Fitur ini tentu sangat membantu tim untuk bekerja secara terkoordinasi, terhindar dari kesalahan atau duplikasi dan mempercepat penyelesaian pekerjaan.

Fitur Manajemen Tugas

Sebuah aplikasi kolaborasi tim yang bagus juga pasti memiliki fitur manajemen tugas yang berfungsi mengatur tugas dengan mudah.

Dengan fitur ini pengguna dapat membuat daftar tugas, menetapkan deadline atau tenggat waktu hingga menentukan prioritas. Selain itu, pengguna dapat mengecek status tugas, memperbaharui progress tugas yang sedang berjalan serta memberikan umpan balik.

Tidak hanya itu, dengan fitur manajemen tidak ada lagi anggota tim yang lalai melewatkan tugas dengan alasan lupa karena terdapat alarm atau notifikasi yang bisa diatur dengan mudah.  

Fitur ini akan sangat membantu tim untuk tetap disiplin dan fokus pada tugas atau proyek yang sedang berjalan. 

Fitur Integrasi

Satu lagi fitur utama pada aplikasi kolaborasi tim yang wajib ada, yaitu integrasi dengan aplikasi lain seperti Google Drive atau Dropbox.

Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengakses file dan membaginya dengan mudah dan cepat ke anggota tim lain tanpa harus beralih atau membuka platform lain

Dengan begitu, kolaborasi tim akan menjadi lebih efisien. Tidak hanya menghemat waktu tapi juga dapat membuat tim lebih fokus dengan tugas utamanya.

Itu dia beberapa fitur wajib pada software kolaborasi tim. Semua fitur tersebut juga bisa kamu temukan salah satu produk Astakona untuk business tools yaitu Lark Suite.

Mengenal Lark Suite, Aplikasi Kolaborasi Tim & Project 

Lark Suite merupakan aplikasi kolaborasi all in one terbaik yang dirancang untuk merevolusi cara bekerja perusahaan, meroketkan produktivitas tim dan mendorong kesuksesan bisnis.

Didukung dengan fiturnya yang canggih, dari Docs hingga Sheets ke MindNotes, setiap ide dari tim disinkronkan secara real time dengan kendali izin yang aman. Kamu dan anggota tim bebas melakukan kolaborasi kreatif lewat fitur dokumennya ini.

Produk Astakona ini juga memiliki fitur unggulan berupa Magic Share yang memungkinkan kolaborasi tim real time di mana saja pada setiap perangkat.

Fitur lainnya seperti video konferensi dan manajemen tugas juga sangat memudahkan pekerjaan dalam tim. Sehingga semua proyek bisa dilakukan tanpa hambatan hanya dalam satu aplikasi.

Tenang saja, software Astakona ini juga sudah menggunakan enkripsi end-to-end untuk melindungi pesan dan file yang dikirim antar pengguna. Jadi tidak perlu khawatir karena semua data pengguna terjamin keamanan dan privasinya.

Sekilas Tentang Astakona

Astakona merupakan perusahaan yang menawarkan berbagai produk teknologi. Sejalan dengan visinya, Astakona berkomitmen menyediakan produk berkualitas guna mendorong bisnis untuk mencapai kesuksesan dan produktivitas yang lebih tinggi.

Di Astakona kamu bisa menemukan business tools yang memang dirancang untuk mendorong efisiensi dan kesuksesan bisnis. Salah satunya seperti software Astakona yang Catcil ulas di atas.

Selain itu, Astakona juga hadir dengan produk dan layanan lain yaitu sebagai Industry Tools dan Mitra Solutions.

Astakona adalah solusi tepat buat kamu yang membutuhkan produk dan layanan teknologi berkualitas tinggi.

Tidak perlu ragu memilih Astakona karena selain memiliki layanan produk dan layanan teknologi canggih dan terkini, mereka sudah didukung dengan pakar bersertifikat dan terpercaya. Mereka juga membuka layanan 24/7, termasuk dukungan teknis untuk jarak jauh. 

Penutup

Kolaborasi tim yang efektif adalah kunci kesuksesan bisnis. Apalagi dunia bisnis semakin kompetitif seiring dengan semakin  canggihnya teknologi zaman sekarang.

Jika tidak memanfaatkan business tools untuk kolaborasi, bisnis kamu tidak akan mengalami kemajuan. Justru bahkan tertinggal di belakang.

Karena itu penting bagi setiap perusahaan atau pelaku usaha untuk menggunakan aplikasi kolaborasi tim demi mencapai kesuksesan bisnis. 

Pasalnya fitur-fiturnya yang canggih akan sangat membantu memudahkan kerja sama dalam tim. Sekarang sudah tahu kan apa saja fitur utama yang wajib ada pada aplikasi untuk kolaborasi tim?

Semoga ulasan Catcil di atas bermanfaat.  

Catatan Kecil
Catatan Kecil Welcome to Catcil. Blog yang berisi kumpulan catatan kecil. Memuat berbagai tips, informasi, opini dan ulasan. Email : myseomine@gmail.com

15 komentar

Comment Author Avatar
30 Juli 2024 pukul 01.46 Hapus
Lark Suite keren banget ya ampuuun.

ini owner dan developer nya paham banget kebutuhan pekerja/pebisnis/korporasi jaman now. Fiturnyaaaa sangat membantuuu bgt ya.
Comment Author Avatar
30 Juli 2024 pukul 05.30 Hapus
Dimasa ini memang benar2 butuh kolaborasi untuk setiap bisnis dan menarik sekali untuk aplikasi kolaborasi ini , memudahkan pelaku bisnis untuk mencapai tujuannya.
Comment Author Avatar
30 Juli 2024 pukul 07.17 Hapus
Salut sih, sampai kolaborasi sekarang ada aplikasi khususnya 😍👍👍👍.

Aku dulu juga kerjanya pakai team. Tapi mana ada dengan aplikasi begini. Palingan cuma pake fasilitas dokumen shared di PC masing2. Tapi cuma bisa diakses saat di kantor doang.

Hebaaat, zaman skr semua kerjaan banyak yg sudah tersedia aplikasinya ya mba. JD sangat memudahkan sih 👍
Comment Author Avatar
30 Juli 2024 pukul 22.17 Hapus
Produk Astakona dijamin bagus ya. Belum pernah nyobain Lark Suite n daku jadi pengen cobain juga. Bener2 memudahkan kalau kerja kolaborasi terutama kalau satu tim tapi lagi work from home semua
Comment Author Avatar
30 Juli 2024 pukul 22.39 Hapus
keren ini aplikasi Lark Suite..bener2 cocok buat kolaborasi tim..lengkap semuannya dari pesan video call hingga berbagi dokumen agar bisa dipantau pengerjaanya..yang sering kerja tim sptnya wajib coba ini Lark Suite
Comment Author Avatar
31 Juli 2024 pukul 05.06 Hapus
Aku terpana pas baca fasiitas aplikasi ini antara lain bisa akses dokumen bersama, edit bareng... Langsung merasa gaptek karena sampai sekarang aplikasi zoom aja masih gaptek saiah. Apps ini memang pas banget ya untuk koordinasi tim, kyknya sejak covid jd banyak berkembang apps utk pekerjaan ya.
Comment Author Avatar
31 Juli 2024 pukul 06.21 Hapus
Saya setuju bahwa fitur seperti manajemen tugas, obrolan real-time, dan penyimpanan file terpusat sangat krusial dalam meningkatkan produktivitas tim. Saya sudah mencoba beberapa aplikasi kolaborasi, dan fitur-fitur ini benar-benar membuat perbedaan besar dalam pekerjaan sehari-hari. Apalagi sekarang ada aplikasi Lark Suite ini, pasti sangat membantu
Comment Author Avatar
31 Juli 2024 pukul 16.37 Hapus
teknologi sekarang makin canggih aja, bahkan kolaborasi tim aja ada aplikasinya. Yang membuat tim jadi terus berhubungan kapan aja soal kerjaan dan dimana aja
keren nih, ngebayangin dulu suatu saat aku punya kantor sendiri dan pake aplikasi ini
Comment Author Avatar
1 Agustus 2024 pukul 05.11 Hapus
Bekerja sama dalam tim emang akan memudahkan urusan pekerjaan. Cuma ya gitu. Kadang memang ada saja masalahnya. Soal keterlambatan penyelesaian tugas untuk masing-masing tim karena lupa dan lain-lain.

Pakai Lark Suite ini keren banget. Ada fitur yang bikin tim nggak bakal lupa untuk mengerjakan tugasnya. Bakal beres nih urusan kerja sama tim.
Comment Author Avatar
1 Agustus 2024 pukul 07.06 Hapus
Sekarang fasilitas makin keren ya, jadi memperkecil peluang terjadinya kegagalan bisnis. Semoga makin byk yg terbantuk dengan aplikasi ini ya
Comment Author Avatar
1 Agustus 2024 pukul 07.49 Hapus
Yup, era nya kolaboratif yaa.. Biar makin ciamik dan target tercapai secara jitu ya dengan kuatkan kolaborasi antar tim internal. Kalau kerjasama antar tim sudah solid dan di imbangi sama tools mumpuni bakalan jos bange deh hasilnya.

Salut sama tools Lark Suite yang sangat menjawab kebutuhan bertim sehingga jadi lebih efisien dan efektif.
Comment Author Avatar
1 Agustus 2024 pukul 15.06 Hapus
Asik yaah.. menggunakan Aplikasi Lark Suite, karena mendukung banget Kolaborasi Tim & Project sehingga memudahkan dalam koordinasi.

Seandainya gak digunakan untuk bisnis, bisa juga gak yaa..?
Kepikiran buat tim kajian di sekolah anak-anak, hehhee... rasanya semua dokumen bisa jadi satu dan bisa dibahas bareng-bareng buat teams ini akan sangat memudahkan.
Comment Author Avatar
1 Agustus 2024 pukul 17.55 Hapus
Keren banget ya program manajemen yang dibuat oleh Astakona ini, dengan kolaborasi dalam tim akan lebih ringan beban kerja tiap pegawai juga mengurangi burn out dan stres akibat beban kerja berlebihan
Comment Author Avatar
1 Agustus 2024 pukul 17.59 Hapus
Enak ya, zaman sekarang tuh sebenarnya ada benefit dari kemajuan teknologi. Salah satunya ya ini, kerja tuh udah pake sistem cloud based. Jadi kita senantiasa terhubung dimana saja, kapan saja.

Mangkanya aku kalo lagi gabut, kadang suka nongkrong di cafe. Nikmatin suasana baru sambil tetap produktif.
Ehm, seringnya di Mixue sih. Beli 8 ribu nongkrongnya 3 jam hahahaha
Comment Author Avatar
1 Agustus 2024 pukul 18.00 Hapus
Wah ada ya aplikasi Kolaborasi Tim kayak begini. Bagus deh fitur-fiturnya. Huhu jadi kepengen bisa pakai aplikasi kayak begini. Tapi bisnisku masih kecil banget. Semoga ke depannya bisa berkembang jadi bisa pakai aplikasi kayak begini. Aamiin :D